Saturday, March 2, 2013

Cara Install Windows 7 pada Lenovo Thinkpage Edge E135

Sulit rasanya meluangkan waktu untuk bisa menuliskan pengalaman yang pernah saya dapatkan. Padatnya pekerjaan salah satu biang keladinya selain memang rasa malas yang kadang sering menghinggapi. 
Apapun alasannya nyatanya hari ini saya bisa menulis kembali untuk bisa berbagi dengan Anda.

Singkat cerita....
Saya membeli Notebook Lenovo Thinkpad Edge E135 dan juga Windows 7 Professional 64 bit Original.
Selain harga yang cukup murah secara performa Lenovo adalah produk yang tidak bisa dipungkiri lagi, karena semua orang maklum dahulu produk ini adalah berjaya dengan nama produk IBM.
Dengan mantap dan tanpa ragu saya mulai install windows 7 pada laptop tersebut dengan external CD-ROM, tapi ditengah jalan windows minta driver. Hal baru yang pernah saya temui, biasanya driver akan kita install setelah sukses install windows 7.

Bingung dan sedikit gugup, maka saya call saja ke Technical Support Lenovo. Berbagai macam cara yang disarankan oleh lenovo nyatanya tidak menghasilkan solusi apa-apa, termasuk downgrade bios ke yang lebih rendahpun tidak membuahkan hasil. Mereka bilang Notebook ini direkomendasikan untuk Windows 8, oleh karenanya disarankan downgrade bios.

Hmmm.... setengah menyerah dan dengan sisa-sisa semangat akhirnya saya bergerilya dan bertanya ke Si Mbah yang sudah menjadi guru spiritual saya di bidang IT, siapa lagi kalo bukan si MBAH GOOGLE.

Inilah jawaban si Mbah, Kalo minta driver di cancel aja, nanti akan kembali lagi ke install windows, cabut USB/Extenal CD-ROM ganti dengan yang lain, kemudian install lagi.

Otakpun berputar daripada begitu saya pasang saja 2 external CD-ROM, yang satu saya isi dengan Windows Asli yang satu lagi saya isi dengan bajakan dan tara....berhasil.....
Windows tidak lagi minta driver....tapi jangan lupa pastikan booting CD menuju ke Windows asli...

ok, selamat mencoba...mudah-mudahan membantu.




7 comments:

  1. masalah itu terjadi karena port usb 3.0 yg dipakai. colok cd ext ke port usb 2.0

    ReplyDelete
  2. thks bro...semua usb sudah coba, tetap tidak bisa... so cara diatas yang bisa bantu saya.

    ReplyDelete
  3. Gan Ane udah coba ternyata bener kata Agan boom.jinx untuk instal pakai Port USB yang untuk Port USB 2.0 letaknya di sebelah kanan..
    Pasti bisa dan gak minta Driver
    Port USB sebelah kiri itu semuanya untuk USB 3.0

    ReplyDelete
  4. Ok Mas bro... terima kasih atas koreksinya.

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah, makasi gan atas tulisannya. aq pny mslh sprti ini.
    trnyta bnar permslhannya ada di USB 3.0 (port di kiri), stlh aq pindah ke kanan lngsg lancar jaya.

    makasi semuanya

    ReplyDelete
  6. suwooon atas solusinyaa brooo mantep ajep

    ReplyDelete
  7. huaa.. trims banyak gannn, usb2.0 di sebelah kanan works perfectly!

    ReplyDelete